Banyuwangi – Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Banyuwangi, Arvy Rizaldi memaparkan strategi branding organisasi Ansor Banyuwangi. Dia mencontohkan strategi yang dijalankan brand Aqua dan Le Mineral e di Indonesia dalam tiga tahap.
“Aqua dan Le Minerale itu tahapan strategi awalnya saingan harga yang lebih murah dan mahal, kemudian di tahapan kedua persaingan di rasa, Le Minerale memunculkan tagline ada manis-manisnya, muncul perasaan dan pengalaman, “ ungkapnya itu di Cafe Cosmos, Tegaldlimo, Banyuwangi, Kamis (13/03/2025) dalam kegiatan SKENA PC Ansor Banyuwangi.
Tahapan strategi seperti ini, ujar Arvy, bisa juga diterapkan di organisasi seperti Ansor. Menurutnya, yang paling penting adalah tahapan branding ketiga yaitu story telling atau cerita.
“Tahapan ketiga bermain dengan cerita, Aqua diceritakan sebagai air murni yang berasal langsung dari gunung, sebagai alasan agar orang terus fokus, tahapan branding ini bisa kita terapkan di Ansor, ” ungkap Arvy penuh semangat.
Di depan ratusan Ansor yang berasal dari kecamatan Srono, Purwoharjo, Tegaldlimo, Cluring, dan Muncar itu, Arvy menegaskan bahwa kader Ansor harus pandai menyadari masalah di sekitarnya dan menjadi bagian dari solusi.
“Apa yang bisa kita ceritakan ke sekitar kita dan kita pasarkan untuk Ansor, Banser, maupun Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor (MDSRA) yaitu bahwa Ansor itu isinya senang dan ceria, perasaan dan cerita itu yang harus kita bagikan, “ paparnya.
Seperti strategi Le Minerale dan Aqua, Arvy juga mengingatkan bahwa kader Ansor harus pandai menyampaikan cerita terutama melalui media sosialnya masing-masing. Cerita-cerita yang akan melekat dan menjadi branding bagi Ansor sendiri.